Pemkab Pandeglang Targetkan UHC Di Tahun Ini Tercapai

UHC atau Cakupan kesehatan semesta adalah sistem perawatan dan pelayanan kesehatan yang menjamin semua penduduk di suatu negara atau wilayah tertentu memiliki akses untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Kabupaten Pandeglang telah mencapai 82% dari jumlah seluruh masyarakat Kabupaten Pandeglang yang telah terdaftar PBI, data yang telah masuk dan untuk bisa mencapai UHC itu harus mencapai sebanyak 95%.

Oleh karena itu bersama-sama kita 2dengan pemangku BPJS Kesehatan diharapkan dapat meningkatkan progres pencapaian UHC di Kabupaten Pandeglang. Tentunya untuk mencapai ini perlu kerjasama kita semuanya.

Pemerintah daerah pada prinsipnya sangat mendukung apa yang diharapkan dari program BPJS ini untuk mencapai 100% ataupun UHC dengan minimal 95%, untuk mencapai ini dibutuhkan data dan informasi, maka dari itu peran kita semua terutama pihak informasi yang dari bawah dari kepala desa dan sumber yang ada di desa.

Marilah di setiap kepala perangkat daerah terkait dan pemangku Kepentingan Utama BPJS Kesehatan ini agar lebih serius untuk menjadikan UHC baik dalam sajian data, informasi maupun kebijakan-kebijakan yang ada dilapangan termasuk program-program dari dinas terkait agar mengacu tercapainya target.

Untuk mencapai target tersebut tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari berbagai pihak, antara lain instansi vertikal maupun pihak swasta. Oleh karena itu, ke depan, pihaknya akan meningkatkan capaian yang lebih tinggi.

Diharapkan capaian tersebut dapat terus kita tingkatkan. UHC ini wujud peran serta masyarakat dan semua yang terkait. Mudah-mudahan pemerintah daerah sampai desa dapat mengakomodir peningkatan target 95 persen, bahkan lebih di tahun 2023.