Bupati Irna Ikuti Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik Perubahan Road Map RB 2020-2024

Jakarta –  Bupati Pandeglang Irna Narulita mengikuti Sosialisasi dan Asistensi RB Tematik dan perubahan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 yang digelar oleh Kementerian PAN-RB, Selasa (22/5/2023), di Gedung Kantor Kementerian PAN -RB.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas menegaskan reformasi birokrasi (RB) perlu langsung menyasar pada masalah-masalah utama pembangunan yang apabila diselesaikan akan memberi dampak optimal ke masyarakat, seperti penurunan kemiskinan, peningkatan investasi, belanja produk dalam negeri dari APBN/APBD, dan pengendalian inflasi. Percepatan dampak ini bisa dilakukan melalui reformasi birokrasi Tematik, “katanya.

“Reformasi Birokrasi Tematik, sesuai arahan Presiden Jokowi, diperlukan untuk mewujudkan birokrasi yang berdampak, yang betul-betul menyasar masalah utama pembangunan, “ucapnya.

Menurutnya, Presiden sudah jelas mengarahkan, kita berkali-kali diminta birokrasi berdampak, ada tiga arahan Presiden Jokowi tentang reformasi birokrasi diantaranya birokrasi yang berdampak, dirasakan langsung masyarakat, reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, serta birokrasi yang lincah dan cepat, “terangnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan dengan reformasi birokrasi tematik, pemerintah akan berfokus pada aspek hilir, dimana dampak dari kinerja pemerintah dapat langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan pemerintah daerah berkomitmen melanjutkan dan mengakselerasi praktik baik reformasi birokrasi di pandeglang. Ia menjelaskan, saat mendengar arahan Menteri PANRB tentang Reformasi Birokrasi Berdampak, Pemkab Pandeglang terus berupaya untuk mengimplementasikannya, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, “pungkasnya.