Tanggal : WIB
bannernnn
Sekda Pandeglang Menerima Dokumen Masterplan TIK dari BPPT RI Sekda Pandeglang Menerima Dokumen Masterplan TIK dari BPPT RI Hafid

SEKDA TERIMA KUNJUNGAN BPPT RI, BAHAS DOKUMEN MASTERPLAN TIK 2019-2023 DI KABUPATEN PANDEGLANG

Desember 21 2018

 

Pandeglang, Sekretaris Daerah Pery Hasanudin didampingi Kepala Dinas Komsantik Pandeglang Yahya Gunawan  menerima kunjungan Tim Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT RI  yang dipimpin oleh Kepala BJIK-BPPT Raden Muhammad Taufik Yuniantoro, terkait penyerahan dokumen Masterplan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kabupaten Pandeglang untuk lima tahun kedepan. pertemuan tersebut bertempat di Ruang Garuda Pendopo Kab. Pandeglang , Kamis (20/12).

Tujuan Penyerahan dokumen masterplan tersebut adalah sebagai petunjuk untuk implementasi TIK dikabupaten Pandeglang yang dapat dilaksanakan sesuai dengan timeline dari tahun 2019 s.d 2023 disesuaikan dengan kondisi daerah yang mendukung untuk Smart Governance yang komprehensif, integratif dan maju.

Sekretaris Daerah Pery Hasanudin meminta agar setiap unit kerja atau OPD diharapkan bisa memperkuat kapasitas SDM agar handal dalam penggunaan TIK.

"Memanfaatkan kemajuan teknologi informatika harus meningkatkan pula Sumber Daya Manusia dan  efektifitas kerja di instansi hingga terbangunnya budaya kerja digital yang produktif dan inovatif", harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik Yahya Gunawan menjelaskan, perkembangan TIK di Kabupaten Pandeglang diakuinya sudah sangat berkembang untuk mendukung pelaksanaan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi pada tiap OPD, menurutnya dokumen Masterplan TIK ini berguna untuk Kebijakan TIK, Pembangunan Infrastuktur TIK, Kebutuhan akan Perangkat Keras dan Lunak, Aplikasi yang dibutuhkan serta Tata Kelola TIK dimasing2 unit kerja  yang dapat mencukupi standar baku operasional yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan .

"Melalui TIK , kita cegah peluang terjadinya korupsi dan nepotisme. melalui TIK pula formulai kebijakan dan implementasinya bisa kita tingkatkan kualitas sehingga terbangun tata kelola pemerintahan daerah yang baik, transparan dan kredibel", jelasnya.

Diwaktu yang sama, Irfani Ahmad, perekayasa Madya BPPT mengungkapkan kondisi terkini dalam hal tata kelola yang menurutnya masih ada kendala yang harus dihadapi Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

"Seperti yang kita ketahui, Kabupaten Pandeglang masih harus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan TIK di semua OPD, belum adanya perencanaan dan evaluasi serta pada saat dilakukan survey, perbup E-Government masih belum ada dan  pada FGD pada bulan november Perbup E-Government sudah ada, tentu hal tersebut merupakan kemajuan dari sisi kebijakan yang perlu ditindaklanjuti".

"pada saat survey ke tiap OPD pengelola aplikasi, diantaranya DPMPTSP, DISDIK,DINKES, BAPPEDA, DISDUKCAPIL, DISKOMSANTIK,BPKD,BP2D,BKD,SETDA, didapat aplikasi-aplikasi tersebut yang berjalan dengan baik, namun pada saat survey pada Bulan Mei kami menginformasikan bahwa untuk JDIH dan sebagian besar Website tidak terupdate dan akurasi konten navigasinya juga perlu ditingkatkan", tutupnya.

Hadir dalam acara ini Sekretaris Dewan Entis Sutisna, Kepala Dinas Sosial Taty Suwagiharti, Kepala DPMPTSP Ida Novaida, Direktur RSUD Berkah dr. Firman, para Sekretaris Dinas, para Kabid dan Kasi yang mewakili OPD. (Hafid)

Read 130 times

Internal Audit Charter

PETA PANDEGLANG