Tanggal : WIB
korpriiiiii
50 POKTAN SIAP BAWA PANDEGLANG SEBAGAI SENTRA PENANGKAR PADI NASIONAL

50 POKTAN SIAP BAWA PANDEGLANG SEBAGAI SENTRA PENANGKAR PADI NASIONAL

September 27 2019

Pandeglang – Sebanyak 50 Kelompok Tani (Poktan) dari Kecamatan Sukaresmi dan Kecamatan Patia hari ini melakukan penandatanganan Mou Surat Perjanjian Kerjasama dengan Satakeholder di Aula Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang, Kamis (26/9).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris sekaligus Plt. Kepala Bidang Tanaman Pangan Distan Nasir, SP.,MBA.,MP yang dalam sambutannya berterima kasih kepada Kementerian Pertanian telah memilih dan menetapkan Kabupaten Pandeglang menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsii Banten sebagai pelaksana Pengembangan Kawasan Padi Berbasis Korporasi. Melalui program ini, diharapkan kita mampu menghasilkan benih padi bersertifikat dan mampu memenuhi kebutuhan benih padi nasional.

Pengembangan Padi Berbasis Korporasi yang digagas ini seluas 1.000 Ha di 4 (empat) Desa diharapkan para penangkar Daerah mampu menjadi penangkar yang professional dan mendapatkan nilai tambah yang besar untuk para kelompok dan masyarakat. Oleh karena itu program ini harus dikawal secara berjenjang, mulai mulai dari tingkat Pusat, Provinsi, lembaga sertifikasi, POPT dan para penyuluh.

Penandatanganan kontrak secara mengikat untuk kepastian kegiatan dan pengambilan hasil (Opkoop) dari penangkaran. Kini teah hadir ditengah-tengah kita 4 (empat) Perusahaan yaitu PT. Bunga Banten Lestari Pandeglang Banten, CV. Sri Padi Serang Banten, CV. Karya Sentosa Makmur Bandar Lampung dan CV. Sri Dewi Kab. Karawang, Jawa Barat.

Sukses tidaknya program ini sangat tergantung pada sinergitas antara Tim Pusat (Ditjen Serealia, Ditjen Prasarana Pertanian, Ditjen Perbenihan, SDMP dan Kelitbangan) Tim Provnsi (Bidang Tanaman Pangan, BPSB, BPBTPH serta Tim Kabupaten (Bidang Tanaman Pangan, Bidang Penyuluhan).

Ir. Sobirin, Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian Provnsi Banten dalam sambutannya mengatakan bahwa hasil Korporasi semua dijadikan Benih Bersertifikat, pentingnya program kegiatan ini pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian menyediakan Sarana Prasarana berupa Benih. Dimana Benih hasil penangkaran Petani akan dibeli oleh perusahaan-perusahaan yang hari ini melakukan MoU, maka petani dari 50 Poktan ini tidak diperbolehkan menjual Benih kepada pihak lain.

Mengingat pentingnya kegiatan ini Sobirin menekankan bahwa Poktan berikut anggotanya (Petani) wajib berkomitmen dalam melaksanakan kegiatan ini pungkasnya

Acara ini disaksikan Ditjen Tanaman Pangan, Dirjen Perbenihan Kementerian Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi Banten, BPSBTPH, Koramil Pagelaran, Koordinator Penyulih Kecamatan Sukaresmi dan Patia.(admin pertanian)

Read 186 times

Internal Audit Charter

PETA PANDEGLANG