Perkebunan Vanili Terbesar Dunia Diharapkan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Pandeglang – Jerry Hermawan Lo (JHL) Grup sebuah perusahaan besar yang bergerak diberbagai bidang dari properti, tambang hingga automotif akan membuat sebuah agro wisata di Pandeglang yang dinamakan JHL Land. Rencana tersebut direspon positif oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, ia berharap agro wisata ini dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Hari ini saya terharu dan apresiasi yang tinggi. Saya jarang ketemu investor seperti pak Jerry yang berkomitmen seperti ini,” demikian dikatakan Bupati Irna pada pembukaan acara Ground Breaking JHL Land di Desa Citeureup Kecamatan Panimbang, Jum’at (27/8/2021).

Di Tanjung Lesung Banten, JHL Grup melalui anak usahanya PT. Persaudaraan Anak Bangsa (PAB) akan membangun perkebunan dan pengolahan vanili, dan melalui PT JSI Resort akan membangun kawasan resort wisata laut. ” Jika JHL Grup ini akan memproduksi vanili dari hulu hingga ke hilir tentu akan membantu sekali masyarakat dalam mengolah hasil panen vanili karena sejauh ini sudah ada beberapa masyarakat kami yang mengembangkan tanaman tersebut,” ujar Irna

Irna juga berharap pada pelaksanaannya pihak perusahaan dapat melibatkan pekerja dari kalangan masyarakat lokal. “Kita ketahui masyarakat kami mayoritas petani dan nelayan, saya harap ada pembinaan supaya bisa ada kemandirian ekonomi,”imbuhnya.

Menurut Irna, sebuah pilihan yang tepat JHL Grup menetapkan Pandeglang jadi pengembangan agro wisata, sebab kata Irna, ditengah pandemi partanian akan terus berproduksi. “Vanili masuk rempah, punya sejarah kuat, pandeglang lumbungnya rempah namun kurang sentuhan, sekarang insya Allah bisa maju dukungan dari JHL Grup,” pungkasnya.

Sementara Jerry Hermawan Lo Chairman (Pemilik) JHL Grup mengatakan pemilihan pengembangan vanili yaitu selain komoditas termahal dunia, pihaknya ingin mengembalikan kejayaan rempah di tanah air indonesia. “Vanili adalah buah yang dibutuhkan saat ini, bahkan dunia saat ini kekurangan pasokan untuk vanili karena tidak semua negara bisa ditanam vanili tapi indonesia bisa ditanam dari NTB hingga ke Sumatra dan kita pilih Pandeglang,” ungkapnya.

Ketertarikan Jerry Hermawan Lo mengembangkan agro wisata di Pandeglang lantaran dirinya tidak asing dengan daerah tersebut. Selain itu, dikatakan Jerry Banten merupakan tanah kelahiran istrinya. “Panimbang bukan daerah baru buat saya, 40 tahun lalu saya tiap minggu datang kesini. Banten ini rumah saya yang kedua, saya ingin bangun usaha dikampung halaman istri saya dan kami juga ingin membantu rakyat sekitarnya,”ujarnya.

Dengan 200 hektar perkebunan vanili di Pandeglang, Jerry meyakini menjadi terbesar di dunia. Ia berharap disini (Pandeglang-red) menjadi sentra vanili dan rempah rempah nusantara dimata dunia. “Prospek luar biasa besar, setelah produksi ini berjalan kami akan bagikan benih vanili gratis kepada masyarakat agar bisa juga membudidayakan,” terangnya.
Untuk tenaga kerja, dikatakan Jerry dirinya disamping memakai tenaga kerja lokal akan bekerjasama juga dengan beberapa universitas diantaranya Institut Pertanian Bogor (IPB). “Jika masyarakat tanam akan jual ke kami, bukan hanya kita yang untung tapi warga sekitar juga ikut mendapat dampak keharuman vanili tersebut,” pungkasnya.