Bupati Irna Rapat Dengan BNPP Bahas Tiga Pulau Terluar

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita menghadiri Rapat Koordinasi dengan Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumi, Senin (1/11/2021) di Pendopo Gubernur KP3B.

Salah satu pembahasannya adalah terkait batas wilayah diantaranya pulau terluar yaitu Deli (Kabupaten Pandeglang), Pulau Karang Pabayang dan Pulau Guha Kolak.

Kepala BNPP Robert Simbolon sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah mengatakan, ada tiga kontek yang akan dilakukan dalam pengelolaan pulau terluar yakni Pertahanan Keamanan (Hankam), Ekonomi, dan Lingkungan.
“Dengan adanya penguatan tiga itu tentu mempertegas kepemilikan atas pulau terluar,” ungkapnya.

Terkait, Ekomomi dalam pengembangan masyarakat yang berada diwilayah pulau dan keterkaitan dengan hutan konserpasi juga akan dilakukan pembahasan.
“Sekarang kita sedang merumuskan, merancang tata ruang kawasan batas terluar dengan praturan presiden diantaranya yang berbatasan dengan laut lepas salah satunya di Provinsi Banten,” terangnya.

“Dalam waktu dekat kita akan lakukan kunjungan bersama beberapa kementerian terkait, kita akan mengidentifikasi sarana dan prasarana baik Deli, Pulau Karang Pabayang dan Pulau Guha Kolak,” pungkasnya.

Sementara Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang akan dilakukan, karena kata Irna ini salah satu upaya menyelamatkan aset bangsa.
“Jika sudah clear melalui cros cek on the spot, pulau tersebut juga jangka panjangnya bisa menjadi Deli Island, sehingga bisa jadi potensi peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Irna

Disampaikan Irna, luas wilayah pulau Deli kurang lebih 950 ha, itupun kata Irna berdasarkan data yang didapat dari beberapa konten kreator yang upload data ke google.
“Memang banyak konten kreator yang sudah datang kesana hanya sekedar melakukan vlog untuk explore keindahan pulau, dengan adanya waktu yang dijadwalkan kesana tentu itu sangat tepat sekali,” imbuhnya.

“Kapan waktunya untuk melakukan kunjungan, kami siap mendampingi dengan membawa beberapa tim teknis yang akan menjadi pemandu dilapangan,” pungkasnya.