Pandeglang Sentra Porang Akan Segera Terwujud

Pandeglang – Pandeglang merupakann salah satu daerah yang dipercaya pemerintah pusat mendapatkan bantuan Industri, kecil dan Menengah (IKM) dari Pemerintah Pusat untuk membuat pabrik porang. Menyongsong hal tersebut, Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Pandeglang menggandeng koperasi untuk melakukan pembenihan sehingga saat pabrik pengolahan selesai sudah ada bahan baku untuk diolah.

“Rencana pembanguna pabriknya di daerah Ciseukeut Panimbang, kaitan pibrik ini tentu butuh bahan baku maka kami bekerjasama dengan kopearsi untuk melakukan penanaman untuk pembenihan dan memenuhi kebutuhan bahan baku pabrik. Selesai pubrik bahan baku sudah ada dan Pandeglang sentra porang bisa terwujud”, demikian dikatakan Kepala Diskopindag Suaedi Kurdiatna saat penanaman porang di Kp Cirendeu Desa Babakanlor Kecamatan Cikedal, Kamis (19/5/2022)

Dikatakan Edi, jika pabrik porang ini sudah selesai, tentu akan membutuhkan benih banyak yang akan ditanam kurang lebih 15 juta benih dalam kurun waktu satu tahun. Saat ini kata Edi yang akan ditanam baru 5 juta benih dilahan 100 hektar yang dibeli oleh Koperasi dari madiun.

“Setiap hari akan diolah oleh Pabrib kurang lebih dua ton kapasitasnya . Penanaman saat ini selain untuk pemenuhan bahan baku, juga untuk pembenihan sehingga tidak ketergantungan benih dari madiun”, ungkapnya.

“Sistemnya bagi hasil antara pemodal dan petani. Dari hasil panen 50% untuk pemodal, 40% petani, 5 % kegiatan sosial, dan 5% sarana ibadah dilokasi penanaman”, terangnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, hadirnya pabrik pengolahan porang tentu satu harapan besar untuk mengangkat ekonomi petani. Sebab kata Irna, pengolahan ini akan terbentuk dari hulu hingga kehilir.

“Kita bisa menjadi penghasil, pengolah dan penyuplai porang. Porang yang kita produksi bukan hanya untuk benih, bahan baku, juga bisa menjadi bahan ekspor”, terangnya.

Irna berharap, setelah adanya pabrik pengolahan porang di Pandeglang, Kementan juga bisa merekomendasikan Kabupaten Pandeglang untuk mengolah bahan – bahan untuk ekpor.

“Besar harapan kami untuk terus mengembangkan ini, karena porang ini sangat banyak digunakan”