Tinjau Pabrik Porang, Bupati Irna Harap Pandeglang Jadi Sentra Budi Daya Porang

 

Pandeglang – Bupati Pandeglang Irna Narulita meninjau pabrik pengolahan porang di desa mekar sari kecamatan panimbang, Selasa (21/2/2023).
Dalam kesempatan peninjauan tersebut, Bupati Irna Narulita berkomitmen menjadikan Kabupaten Pandeglang menjadi sentra budi daya porang.
“Kami sudah melakukan peninjauan pabrik pengolahan porang ini, mulai dari pelaksanaan pembangunan hingga bagaimana proses pengolahanya, kata Irna.
Menurutnya, permintaan pasar terhadap porang ini sangat tinggi, karena bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu produk unggulan, tentu saja permintaan pasar yang cukup tinggi ini harus kita budidayakan guna meningkatkan perekonomian para petani, “ucap Irna.
Ia menegaskan hadirnya pabrik pengolahan porang, tentu saja memberikan harapan besar kepada para petani dalam meningkatkan ekonomi, karena kata Irna pengolahan porang ini terbentuk dari hulu hingga ke hilir, “tegas Irna.

“Dengan hadirnya pabrik pengolahan porang ini, para petani porang yang ada di Kabupaten Pandeglang tidak lagi harus menyuplai porang dari daerah lain, kini kita sudah mempunyai pabrik pengolahan sendiri, “tutur Irna.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang Suaedi Kurdiatna mengatakan pabrik pengolahan porang ini sudah siap dioperasikan, dan kami sudah membentuk 25 Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk budi daya porang ini, “katanya.
“Dalam musim panen porang ini menghasilkan sekitar 8 ton perhari, dan untuk musim tanam kita bisa menghasilkan 8 ribu ton dari 25 IKM yang tersebar di 14 Kecamatan,”pungkasnya.