Guna Penurunan Angka Stunting, Masyarakat Pra Sejahtera Dapatkan Bantuan Sanitasi Gratis

Pandeglang – Dalam menekan angka stunting, bebarapa masyarakat pra sejahtera mendapatkan bantuan pembangunan sanitasi gratis dari Pemerintah Daerah. Bantuan ini tidak lain agar pola hidup sehat dapat diterapkan sehingga angka stunting terus menurun.

“Pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah adalah upaya pemerintah dalam rangka percepatan penurunan stunting serta menerapkan perilaku hidup sehat guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat”, hal tersebut disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat mengunjungi masyarakat penerima bantuan di Desa Banjar Kecamatan Banjar, Kamis (22/6).

Menurut Irna, untuk menurunkan angka stunting merupakan tugas semua pihak bukan hannya bidang kesehatan, melainkan semua stakeholder dan masyarakat itu sendiri.

“Hidup sehat diawali dari rumah tangga terkecil dulu yaitu lingkungan keluarga, semoga bantuan ini memberikan stimulus untuk masyarakat membiasakan hidup sehat”, ujarnya.

Bukan hanya di Desa Banjar Kecamatan Banjar, tapi Bupati Irna juga meninjau beberapa lokasi pembangunan lainnya di Kampung Cipacung Kelurahan Saruni Kecamatan Majasari dan Desa Ciputri Kecamatan Kaduhejo.

Sementara kepala Bidang Cipta Karya DPUPR Kabupaten Pandeglang Dede Lesmana mengatakan, kurang lebih ada 17 desa dan 2 kelurahan yang mendapat program ini, kata Dede, rata – rata satu desa mencakup 50 sambungan rumah.

“Total penerima manfaat bantuan tersebut ada 951 keluarga dan kegiatan ini sedang berproses serta di kerjakan secara swadaya oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) di masing-masing wilayah, “ucapnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa Program ini untuk meningkatkan kinerja sarana dan prasarana bidang infrastruktur, serta meningkatkan cakupan pelayanan sanitasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

“Dengan bantuan ini kesshatan meningkat, dan dalam rangka menuju 100% akses sanitasi terpenuhi, “ungkapnya.

Dede juga menegaskan, untuk proses pengerjaan ditargetkan akan selesai 5 sampai 6 bulan kedepan, dan pembangunan akan dimulai dari bulan juli 2023 mendatang.