Perguruan Tinggi Sebagai Sumber Keilmuan Untuk Membangun Kemandirian Bangsa

Pandeglang – Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sangat memeperdulikan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk terus bergandeng tangan didalam membangun Pendidikan yang ada di indonesia termasuk juga membangun kesejahtraan masyarakat indonesia melalui Pendidikan Tinggi.

hal demikian di katakan Plt.Sekretaris Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Prof Cicik Sri Cahyani dalam acara Sosialisasi Program Apkasi yang di gelar Kemendikbud Jakarta, Selasa (31/05/2022).

Menurutnya, Peran perguruan tinggi sangat penting dalam membangun Sumber Daya Masyarakat ( SDM ) agar Bangsa kita bisa lebih mandiri tidak selalu bergantung pada Produk dan Inovasi dari Luar Negri.

“ Sejak Tahun 2020 Di era Mas Mentri Nadim Anwar Makarim ini sedang melakukan Transformasi Pendidikan Tinggi untuk membangun kapasitas dan daya saing Sumber Daya Masyarakat ( SDM )terutama adalah lulusan lulusan atau produk Perguruan Tinggi “,ucapnya.

Dalam hal tersebut Pj Sekda Pandeglang Taufik Hidayat menyampaikan dimana dalam Program Apkasi ( Persatuan Kepala Daerah Seluruh Indonesia ) mereka mempunyai sebuah gagasan bagaimana melakukan proses percepatan pembangunan yang ada di daerahnya masing-masing.

“ Kemudian apkasi ini berkolaborasi bersama dengan seluruh perguruan tinggi, sehingga di setiap daerah tersebut ada perguruan tinggi mohon kiranya di manfaatkan, kalau kepala daerah mempunyai sebuah kebijakan secara keseluruhan tetapi perguruan tinggi ini berbagi bagaimana membina masyarakat yang sedang kuliah di sana dan juga bisa mengimplementasikan kegiatan dan profesionalismenya mereka di daerahnya masing-masing, “kata Taufik.

Pemerintah Daerah harus berkolaborasi dengan Masyarakat dan perguruan tinggi bersatu padu untuk memajukan masyarakatnya, ketika hal ini bisa di lakukan bersinergi dengan baik percepatan pembangunan dan kesejahtraan masyarakat akan lebih cepat bisa terlaksana sesuai dengan harapan kita semua, “ucap Taufik.

Setelah sampai ke Pandeglang, segera akan menyampaikan hasil sosialisasi ini kepada para Rektor sehingga mengawali kegiatan KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) yg di lakukan oleh Perguruan Tinggi