Partisipasi Politik Perempuan, Berpengaruh Terhadap Keberhasilan Pembangunan

Pandeglang – Partisipasi politik perempuan sangat penting, karena kehadiran perempuan diparlemen berpengaruh besar terhadap keberhasilan pembangunan bagi bangsa dan negara, “demikian disampaikan Bupati Irna Narulita saat menghadiri acara Forum Group Discussion Pemahaman Politik Bagi Prempuan bertempat di Pendopo, Rabu (13/7/2022).

Lebih lanjut Ia mengatakan perempuan memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam partisipasi politik, karena suara-suara perempuan diparlemen mampu menyelesaikan berbagai persoalan ditengah-tengah masyarakat, “ucap Irna.

“Partisipasi perempuan di parlemen saat ini setara dengan kaum laki-laki, karena kompetensi, keterampilan serta kapasitas perempuan semakin terasah, “terang Irna.

Menurut Irna, untuk menguatkan dan memperjuangkan hak-hak perempuan, tentu saja dibutuhkan peningkatan kapasitas perempuan di parlemen, supaya pengembilan keputusan politik terhadap bermacam permasalahan di masyarakat dapat lebih terakomodir dan subtansial, “ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang Nunung Nurazizah mengatakan partisipasi politik kaum perempuan di parlemen saat ini masih minim, contohnya saja kaum perempuan yang duduk dikursi DPRD Kabupaten Pandeglang hanya ada beberapa orang saja, ini menandakan bahwa partisipasi politik perempuan masih kurang, “tuturnya.

Padahal kata dia, partisipasi politik perempuan mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan, ketika perempuan sudah duduk diposisi yang memiliki kapasitas, tentu saja akan memperjuangkan hal-hal yang bersinggungan dengan perempuan, “tuturnya.

“Kehadiran partisipasi perempuan dalam berpolitik harus mendorong kepentingan-kepentingan perempuan menjadi poin prioritas utama, “ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Pandeglang Helena Octavianne mengatakan partisipasi politik perempuan sangat penting, maka dari itu perempuan harus berani mengambil langkah terdepan, akan tetapi tetap selalu inget kodrat seorang perempuan, “katanya.

“Peran politik perempuan tentu saja mampu memperjuangkan dan menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan,”pungkasnya