Latsar CPNS Ubah Mindset Dan Pola Prilaku

Pandeglang – Sebanyak kurang lebih Empat Ratus Dua Puluh Enam (426) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkup Pemda Pandeglang mengikuti Latihan Dasar (Latsar). Kegiatan ini diharapkan dapat mengubah mindset dan pola pikir CPNS.

“Kegiatan ini agar mampu menjadikan CPNS pelayan publik yang profesional ketika mereka kembali ke dunia
kerja”, hal tersebut disampaikan Bupati Pandeglang Irna Narulita dihadapan para peserta Latsar CPNS yang ikut pembekalan di BPSDM Prov Banten, Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut @irnadimyati menyampaikan, latsar yang diselenggarakan diharapkan menjadi jawaban atas diklat CPNS yang selama ini hanya dianggap sebagai formalitas
belaka.

“Artinya, perubahan Diklat Pra Jabatan menjadi Pelatihan Dasar bukan hanya perubahan nama saja, tetapi lebih kepada perubahan mindset PNS dalam memahami nilai-nilai dasar PNS atau ASN”,ungkapnya.

Menurut Irna, pelaksanaan Latsar ditekankan pada pengembangan karakter CPNS dimana peserta latsar akan dibekali pengetahuan untuk pembentukan
wawasan kebangsaan, kepribadian, etika PNS dan sistem penyelenggaraan pemerintahan negara.

” Ini semua supaya anda mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat. Anda juga dibekali kemampuan untuk menciptakan birokrasi yang bebas dari korupsi, kolusi dan
nepotisme, serta lebih mengedepankan sisi kompetensi calon aparatur”, pungkasnya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pandeglang Moh.Amri mengatakan, yang ikut pembekalan latsar CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang formasi tahun 2021, Golongan II sebanyak 179 orang dan Golongan III 247 orang.

“Pelaksanaannya selama tiga bulan kedepan, teknisnya ada in door dan out door terhitung dari hari ini”,ujarnya.

Pada kegiatan ini hadir Kepala BPSDM Prov Banten Untung Saritomo, Asda Administrasi Umum Setda Ramadani, Kepala Dinas Perhubungan Pandeglang Atang Suhana, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Pol-PP) Bunbun Buntaran, Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Pemerintahan BPSDM Ahmad Yani Chaerudin.