BBJP Akan Segera Di Launching Pada Bulan Agustus

Pandeglang – Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) yang terbuat dari olahan sampah yang akan menjadi bahan bakar alternatif batu bara untuk Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) segera dilaunching. Rencananya kerjasama itu akan dilakukan dengan Indonesia Power pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Nanti insya Allah Memorandum Off Understanding akan ditandatangani oleh Ibu Bupati dan pihak Indonesia Power pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” demikian dikatakan Kadis Lingkungan Hidup Ratu Tanti pada kegiatan penyuluhan dan kampanye lingkungan hidup di Gedung PGRI Kecamatan Bojong, Selasa (8/8).

Menurut Tanti, gencarnya kegiatan sosialisasi ini adalah untuk mengedukasi warga masyarakat Kabupaten Pandeglang jika sampah itu bisa memberikan dampak positif jika dimanfaatkan dengan baik.

“Kita terus sosialisasikan kepada masyarakat agar sampah limbah rumah tangganya tidak dibuang sembarangan dan harus diolah dengan baik agar memiliki nilai seperti menjadi BBJP,” terangnya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita dengan adanya pengolahan sampah, akan memberikan efek yang positif bagi ekonomi dan lingkungan. Caranya kata Bupati Irna bisa dengan memanfaatkan bank sampah dan Tempat Pengulahan Sampah Akhir (TPSA).

“Bangun kolaborasi agar sampah pilahan menjadi uang, makanya sampah limbah rumah tangga jangan dibuang kesungai,” terangnya.

Menurutnya, sampah harus dipilah antara organik dan an organik. Itu dilakukan oleh rumah tangga yang ada di masyarakat.

“Sisa makanan sayur dan organik lainnya bisa menjadi ecoengine, peraktekan hari ini caranya supaya peserta bisa tau dan diperaktekan,” jelasnya.

Masih kata Irna, hasil olahan sampah masyarakat baik organik dan anorganik akan diolah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) yang akan digunakan untuk bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

“Dulu bahan bakarnya makai batubara, karena merupakan sumberdaya itu gak bisa diperbaharui pemerintah mencari solusi lain untuk menggantikan yaitu dari hasil olahan limbah,” ujarnya.