Peran Aktif Kader Dukung Pembangunan SDM

Pandeglang – Kader Posyandu merupakan mitra pemerintah dibidang kesehatan yang ada ditiap desa dan kelurahan. Peran aktif kader secara tidak langsung mendukung pembangunan Sumberdaya Manusia (SDM).

“Para kader perannya mengedukasi pola hidup sehat kapada masyarakat dan ibu hamil dalam membangun pola hidup sehat dan pola asuh,” demikian diungkapkan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat kegiatan jambore kader posyandu di Kecamatan Kaduhejo, Selasa (22/23).

Tema yang diusung adalah dengan jambore kader “untuk indonesia lebih maju”, tema itu dikatakan Bupati Irna sangat relevan, sebab menurut Irna dengan aktifnya kader posyandu ibu hamil bisa menjadi sehat karena selalu datang ke Pos pelayanan Terpadu (Posyandu).

“Kesehatan ibu hamil terus terpantau karena dorongan kader, angka kematian ibu dan bayi terus ditekan karena peran kader posyandu,” ujar @irnadimyati .

Menurut Bupati Irna, dengan hadirnya drajat kesehatan semakin meningkat akan membentuk sumberdaya manusia yang berkaulaitas.

“Indeks Prestasi Manusia (Ipm) akan meningkat dengan dorongan kader yang cerdas,” pungkasnya.

Nurbayanti Kader Posyandu Desa Sukasari Kecamatan Kaduhejo mengatakan, pihaknya sangat senang bisa mengikuti jambore kader sebab pada kegiatan ini menurutnya banyak ilmu yang didapat.

“Selain silaturahmi dengan para kader, kami dapat edukasi terakit pola hidup sehat dan langkah – langkah yang dilakukan menuju keluaga sehat,” ungkapnya.

“Apa yang kami dapatkan disini akan kami sampaikan juga kepada masyarakat seperti pemberian asupan pil tambah darah mencegah anemia, dan mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatan ke posyandu,” tandasnya.