Bupati Irna Narulita : Penanganan Stunting Harus Penta Helix

Pandeglang – Prevalensi stunting Kabupaten Pandeglang pada tahun 2023 diangka 24%, pada tahun 2024 dengan penta helix Bupati Irna Narulita berharap bisa kembali turun sehingga bisa mengejar target nasional diangka 14% pada tahun 2025.

“Dengan semua unsur mulai pemerintah, akademisi, badan dan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media massa berkolaborasi serta berkomitmen untuk mencapai tujuan yang sama menyelesaikan kasus stunting,” hal demikian dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat kunjungan rombongan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  pemerintah pusat ke Kelurahan Pagerbatu, Kecamatan Majasari, Senin (9/10).

Dikatakan Bupati Irna, Kelurahan Pagerbatu Kecamatan Majasari adalah salah satu dari 10 desa dan kelurahan yang dijadikan lokus stunting. Selama tiga bulan kedepan kata Bupati Irna, wilayah tersebut akan mendapat intervensi khusus dalam pengentasan stunting.

“Alhamdulillah kami dapat dukungan dari TP PKK Pusat, Provinsi Banten, kemarin juga dapat dukungan paket nutrisi dari perusahaan swasta,” ungkap Irna.

Menurut Bupati Irna, tahun lalu penurunan angka stunting hingga 8,5 % pada tahun 2022 merupakan hasil keja semua pihak diantaranya cross cutting program lintas Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

“Masalah stunting bukan hanya dinkes saja, kita keroyokan membuat program dalam penurunan stunting, misalnya Perkim penanganan rumah kumuh dan jambanisasi, dan begitu juga OPD lainnya susuai tugas pokoknya yang sudah disusun,” terangnya.

Bupati Irna juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat dan provinsi baik dalam bentuk dukungan anggaran maupun melalui tim penggerak PKK yang langsung tejun ke lokus stunting di Pandeglang.

“Semoga stunting di pandeglang terus menurun dan bisa mencapai target nasional diangka 14% pada tahun 2025,” pungkasnya.

Nana Safriati Safrizal Ketua 4 Bidang Kesehatan Keluarga dan lingkungan TP PKK Pemerintah pusat mengatakan, kunjungannya kali ini ke Pandeglang dalam rangka pemberian makanan tambahan bagi balita stunting yang ada di Pandeglang Provinsi Banten.