Bupati Monitoring Lokasi Gempa Sumur dan Serahkan Bantuan Warga


Pandeglang – Gempa bumi magnitudo 5,4 mengguncang Sumur Pandeglang Banten Rabu (10/5) pukul 11.24 Wib.

Kamis (11/5/2023) Bupati Pandeglang Irna Narulita didampingi Kapolres Pandeglang AKBP.Belny Warlansyah langsung melakukan monitoring ke wilayah Kecamatan Sumur sekaligus memberikan bantuan sembako untuk warga.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pandeglang Irna Narulita menyampaikan apabila terjadi bencana, baik gempa bumi maupun tsunami, yang paling utama dan menjadi prioritas adalah keselamatan warga, “kata Irna.

“Pemerintah secara rutin memberikan edukasi dan sosialisasi kebencanaan kepada masyarakat, jadi apabila bencana itu terjadi mereka sudah paham apa yang harus dilakukan, “ucap Irna.

Menurut Irna, mitigasi bencana dan kesiapsiagaan sangat dibutuhkan, karena itu menjadi prioritas utama, karena masyarakat tinggal didaerah rawan bencana, “tuturnya.

Selain itu kata Irna, agenda drill atau pelatihan itu harus menjadi agenda rutin, agar masyarakat siap apabila terjadi satu hal yang tidak di inginkan, “terang Irna.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan serta selalu menjalin koordinasi dengan jajaran Forkopimcam, kepala desa, agar masyarakat lebih nyaman dan tahu apa yang harus dipersiapkan, “imbau Irna.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP.Belny Warlansyah mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berdoa.

“Saya mengimbau agar warga selalu waspada karena bencana tidak bisa diprediksi, kapan dan dimana, yang terpenting kita selalu waspada dan perbanyak doa, “katanya.

Camat Sumur Januar Habibie mengungkapkan pasca gempa yang terjadi kemarin, menurut data dan pantauan kami tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut, “ungkapnya.

“Alhamdulilah tidak ada kerusakan akibat gempa, masyarakat tenang dan sudah tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana, baik gempa bumi maupun bencana tsunami, “pungkasnya.